Purwokerto Cake Shop Online - Share your love with food

Monday, February 16, 2015

Cara Membuat Risoles Bentuk Segitiga



Risoles itu adalah salah satu jenis makanan gurih asin yang sering termasuk dalam daftar snack box. Mungkin kalau jaman dulu sekali bentuk dari risoles hanya seperti amplop. Saat ini sudah terdapat beragam bentuk. Salah satunya adalah bentuk segitiga ini. 

Saya termasuk orang yang senang membentuk risoles dengan bentuk segitiga ini. Kenapa? Karena selain ukuran jadinya yang besar, kelebihan dari bentuk risoles segitiga ini adalah bisa diisi dengan banyak tanpa perlu khawatir isinya tumpah atau bentuknya jadi jelek. Selain itu, cara membentuknya juga mudah.

Dulu memang saya hanya bisa mengagumi saja bentuknya ^_^ karena kan belum bisa membuatnya sendiri... Tapi setelah mencari tahu caranya, ternyata saya bisa.. dan mudah sekali loh cara membentuknya. Bagi Anda yang sekiranya masih belajar membuat bentul risoles segitiga, mungkin postingan saya ini bisa membantu. Harapannya setelah saya sertakan foto-fotonya secara bertahap, Anda jadi lebih mudah membentuknya.


Kali ini saya membuat Risoles isi Ragout Sayur. Isi sayurannya adalah wortel, kentang dan buncis. Mereka termasuk jenis sayuran dan umbi yang in shaa Allah mudah ya ditemukan bahkan di tukang sayur lewat depan rumah. Kalau Anda mau membuatnya dengan isi yang berbeda juga tidak masalah. Ini kan perkara selera saja ^_^

Nah, cara membuat risoles bentuk segitiga ini adalah sebagai berikut :


Isi saya letakkan sebanyak 2 sdm







Dan..voila ^_^ risoles bentuk segitiga sudah jadi. Langkah selanjutnya adalah membalurinya dengan telur dan tepung panir.



Setelah terbentuk dengan rapi seperti ini, maka sekarang saatnya untuk melapisinya dengan telur untuk kemudian digulingkan di tepung panir. Bisa dilihat fotonya ya di bawah ini.







Bagi teman-teman yang ingin menggunakan tepung roti juga bisa. Biasanya di TBK (Toko Bahan Kue) tersedia berbagai varian tepung roti. Ada yang berwarna broken white, kuning dan oranye. Selera ya..mau pilih yang mana. Kebetulan saya memilih untuk menggunakan tepung panir ini.

Kalau sudah begini, masukkan ke dalam kulkas atau lemari pendingin. Maksudnya supaya tepung panir akan melekat kuat di risoles dan tidak akan lepas saat digoreng. Menggoreng risoles cukup sebentar saja, karena seluruh bahan risoles ini pada dasarnya sudah matang. Menggoreng hanya untuk mendapatkan warna kuning keemasan yang cantik.

Nah, cukup mudah kan cara membuat bentuk risoles segitiga? :) Selamat mencoba....

2 comments:

cemilan sehat masuk masuk isi toples jual homemade cake in purwokerto
supplier snack
jual snack box di purwokerto jual kukis hias